foto1
Workshop Dosen PPLK
foto1
Coaching PPLK
foto1
Penyerahan Mahasiswa PL Ke Sekolah

Program Pengalaman Lapangan adalah salah satu kegiatan kurikuler yang merupakan kulminasi dari seluruh program pendidikan yang telah dihayati dan dialami oleh mahasiswa di LPTK maka PPL dapat diartikan sebagai suatu program yang merupakan suatu ajang pelatihan untuk menerapkan berbagai pengetahuan, sikap dan ketrampilan dalam rangka pembentukan guru yang profesional. Dengan demikian PPL adalah suatu program yang mempersyaratkan kemampuan aplikasi dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam program pelatihan berupa kinerja dalam semua hal yang berkaitan dengan jabatan keguruan baik kegiatan mengajar maupun tugas - tugas keguruan lainnya.
 
Standar kompetensi PPL dirumuskan dengan mengacu pada tuntutan empat kompetensi guru baik dalam konteks pembelajaran maupun dalam konteks kehidupan guru sebagai anggota dalam masyarakat. Empat kompetensi guru yang dimaksud adalah kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Kompetensi tersebut dirumuskan sesuai dengan amanat Undang - Undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005 Bab IV Pasal 10. Di samping itu, rumusan standar kompetensi PPL juga mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional khususnya yang terkait dengan BAB V Pasal 26 Ayat 4, yang pada intinya berisi standar kompetensi lulusan perguruan tinggi bertujuan mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang berakhlak mulia, memiliki pengetahuan, ketrampilan dan kemandirian, serta sikap untuk menerapkan ilmu, teknologi, dan seni untuk tujuan kemanusiaan
 
UPPL merupakan Unit Pelaksana Teknis yang bertugas melakukan perencanaan, pembinaan, pelaksanaan dan pengembangan praktik pengalaman lapangan (PPL) bagi mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat. PPL wajib di ikuti oleh mahasiswa  dalam rangka membentuk lulusan calon guru yang Profesional sesuai standart profesi guru yang telah ditetapkan dalam PP 14 Tahun 2005 UU No.14 Tahun 2005 yaitu seorang guru yang profesional harus mempunyai kompetensi pada Pedagogic, Kepribadian Sosial dan Profesional.